Sabtu, 29 Juni 2013

Example of Lesson Plan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMAN 6 KEDIRI
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X/1
Alokasi Waktu           : 1x45 menit

Standard kompetensi :
Berbicara
3.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar
            3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/undangan, menerima janji, dan membatalkan janji.
             
Sub Kompetensi
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : berkenalan, bertemu/berpisah.
Indikator
3.1.1        Mengungkapkan tindak tutur berkenalan
3.1.2        Medemonstrasikan percakapan interpersonal

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa mampu:
1.      Mengungkapkan tindak tutur bekenalan, bertemu/berpisah dengan intonasi dan   pengucapan  yang benar secara aktif .
2.      Mengidentifikasi ungkapan  berkenalan, bertemu/berpisah dengan benar  secara  aktif
3.      Mendemonstrasikan tindak tutur berkenalan, bertemu/berpisah dengan intonasi dan pengucapan yang benar secara berpasangan.
Karakter siswa yang diharapkan :
1.      Kreatif (independent)
2.      Rasa hormat dan perhatian ( respect )
3.      Berani ( courage )
4.      Tanggung jawab ( responsibility )

Materi pembelajaran
Marco : Hi, Are you a new student?
Bella : Yes, I am. By the way, are you a new student, too?
Marco : I’m a new student too. 1) My name is Marco.
Bella : 2) I’m Bella. Well, Marco, 3) this is Steve. He was my classmate in the Junior High School.
Marco : 4) Hi, Steve.  Nice to meet you?
Steve : Nice to meet you too.
Marco : Anyway, we still have half an hour before the class starts. Shall we go to the canteen?
Bella & Steve : Okay.



Model/ Metode pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan PAIKEM
Model         : Kooperatif
Metode        : Demonstrasi
Kegiatan pembelajaran
No.
Stage
Activity
Time
1.
Pre-activity
-          Salam
-          Berdoa bersama
-          Mengecek kehadiran siswa
-          Menanyakan seputar kegiatan siswa
-          Menanyakan pertemuan sebelumnya
-          Menyampaikan tujuan materi yang akan dipelajari
10

Whilst activity
Pre-Speaking
-          Guru menanyakan kepada siswa beberapa pertanyaan
-          Guru menanyakan identitas kepada siswa
-          Siswa diperlihatkan beberapa gambar
Whilst Speaking
1.    Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi dialog yang ditampilkan
2.    Siswa ditugaskan untuk mempelajari dialog
3.    Siswa ditugaskan mendemonstrasikan dialog di depan kelas secara berpasangan
4.    Siswa di tugaskan untuk mengidentifikasi dan melengkapi dialog
Post Speaking
1.    Siswa diberi situasi dan mendemonstrasikannya secara berkelompok

30

Post activity
-          Siswa diajak mengungkapakan kembali ungkapan-ungkapan yang terdapat pada dialog.
5

Alat/Bahan/Sumber Belajar:
1. Alat/media/bahan           : Laptop, Speaker, Projector, Slide PPT
2. Sumber belajar               : Chris Redstone and Gillie Chuningham, 2005, Cambridge University Press, Face2Face Elementary School:

PENILAIAN
a.       Prosedur Penilaian      : Penilaian Proses
b.      Jenis Penilaian             : Tes Lisan
c.       Bentuk Instrumen       : Percakapan Transaksional
d.      Pedoman Penilaian      :

Fair
55-70 (C)
Good
71-85 (B)
Excellent
86-100 (A)
Pronounciation



Fluency



Grammar



Vocabulary




Tidak ada komentar:

Posting Komentar